Image default
Regresi

BELAJAR REGRESI SEDERHANA

Analisis ini menurut Sugiyono (200) digunakan oleh peneliti bila peneliti bermaksud meramalkan bagaimana keadaan (naik turunnya) variabel dependen (kriterium), bila ada satu variabel independen sebagai prediktor dimanipulasi (dinaik turunkan nilanya). Persamaan yang diperoleh dari regresi sederhana adalah Y = a + b X

y              =  adalah subjek nilai dalam variabel terikat yang diprediksikan

a              = harga Y bila X = 0 (harga konstan)

b             = angka arah koefisien regresi

X             = subjek pada variabel bebas yang mempunyai nilai tertentu.

Asumsi yang diperlukan untuk analisis ini adalah uji normalitas. Uji normalitas diperlukan untuk mengetahui apakah data yang terkumpul dari setiap variabel dependen dan independen atau keduanya mempunyai distribusi normal atau tidak. Model regresi yang baik adalah yang mendekati normal (Imam Ghozali,2009).

Untuk melihat model regresi normal atau tidak, dilakukan analisis grafik dengan melihat “normal probability report plot” yang membandingkan antara distribusi kumulatif dari data sesungguhnya dengan distribusi normal. Distribusi normal akan membentuk satu garis lurus diagonal dan ploting data akan dibandingkan dengan garis diagonal. Jika distribusi data normal, maka garis yang menggantikan data sesungguhnya akan mengikuti garis diagonalnya (Imam Ghozali, 2009).

Sumber: https://goo.gl/dZuGw6

Related posts

APASIH ASUMSI KLASIK REGRESI BERGANDA

Admin

DATA BANGKITAN | SEM VALIDITAS RELIABILITAS VALID DAN RELIABLE

Admin

Processing Data Penelitian Kuantitatif menggunakan EVIEWS

Admin

Leave a Comment

Body Guard